Tempat Suci

Tempat Suci

Dalam tradisi agamma budha, tempat-tempat suci dan buddha adalah suatu yang diisakralkan oleh para perkumpulan para penganut agama budha dan para orang sucinya.
 
Setiap Agama pasti memiliki tempat suci atau yang disucikan, begipula halnya dengan agama Buddha. Budhha memiliki banyak Tempat suci (Sakral) ataupun yang disucikan, hal ini tidak lepas dari makna sejarah, pemakaman, ataupun yang lainnya. 

Beberapa tempat yang dianggap suci oleh penganut Agama Buddha adalah : 
 

tempat lahir sang Budha Gautama. Bagi umat Budha, Lumbini menjadi salah satu tempat yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke India. Pasalnya menurut sejarah, sang Budha Gautama dilahirkan dalam keluarga kerajaan pada 556 SM di Lumbini, perbatasan India dengan negara Nepal.
  •  Bodhigaya
 
Di sinilah sang Budha Gautama mencapai kesempurnaannya setelah melakukan tapa di bawah sebuah pohon Bodhi pada usia 29 tahun. Di kota ini pula terdapat kuil Mahabodhi yang dibangun pada abad ke-3 oleh Raja Ashoka. Informasi lain mengatakan, kuil tersebut dibangun antara abad ke-5 dan ke-7.

Bahkan tempat yang biasa saja dapat menjadi tempat suci apabila ada kaitannya dengan hal-hal Ajaran Agama Buddha.
Selain sebagai tempai Suci, tempat yang dipercaya sakral ini juga dijadikan sebagai tempat Ziarah, para penganut Buddha yakin bahwa tempat yang mereka anggap suci setelah itu mereka menziarahinya akan membawa implikasi yang positif dalam kehidupannya.

Selain mensakralkan tempat-tempat yang nyata, Para penganut Agama Buddha juga mensucikan tempat yang tidak nyata seperti : 
  • Apocalypetic kalac khratantra (Roda waktu).


Tidak ada komentar: